June 24, 2017

Bisnis Jamur – Kenali Jamur Konsumsi

Bisnis JamurKenali Jamur Konsumsi – Seiring berkembangnya Jamur di Indonesia, ini sangat udah dijadikan bisnis jamur di Indonesia. Selain Jamur itu mudah berkembang tetapi jamur juga sangat enak untuk makanan, tetapi sebelum sebagai konsumsi sebaiknya anda kenali dulu jamur untuk konsumsi.

Jamur merupakan tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, seperti memiliki inti sejati, tidak berklorofil, berbentuk talus, tubuh somatik berbentuk benang, dan bijinya berbentuk spora. Jamur tumbuh optimal di tempat yang tidak memerlukan penetrasi cahaya matahari atau teduh. Dengan kondisi tersebut, miselium jamur akan tumbuh lebih cepat daripada di tempat yang terang dengan cahaya matahari yang berlimpah. Jamur konsumsi secara umum terbagi atas dua kategori sebagai berikut.

1. Jamur Kayu

Jamur kayu merupakan jamur yang dapat hidup dengan baik pada suhu 25—30oC dengan ketinggian ideal 700 meter dpl. Disebut dengan jamur kayu karena awalnya jamur ini ditemukan di hutan, tepatnya di bawah tanaman berkayu. Kandungan selulosa dan lignin pada tanaman berkayu dimanfaatkan oleh jamur untuk hidup. Jenis jamur kayu di antaranya jamur tiram dan jamur kuping.

2. Jamur Kompos

Jamur kompos merupakan jenis jamur yang tumbuh di media yang mengandung selulosa, seperti kompos atau bahan organik yang telah lapuk. Jenis jamur ini dapat dibudidayakan dengan berbagai media, seperti tumpukan jerami, limbah penggilingan padi, limbah kapas, ampas aren, dan limbah kelapa sawit.

Speak Your Mind

*