April 23, 2017

Cara Mencuci Gamis Batik Biar Awet

Cara Mencuci Gamis Batik Biar Awet – Sering kali orang membeli gamis batik tetapi kemudian tidak pernah awet ataupun sering luntur. ada beberapa cara untuk mencuci gamis supaya menjadi lebih awet. Ada beberapa cara yang saya ambil dari internet mengenai mencuci gamis yaitu :

  1. Sebelum direndam (dicuci) jemur dulu gamis/ baju batik anda.
  2. Jangan sampai gamis batik anda disimpan dikeranjang (box cucian) dalam keadaan lembab (agak basah), karena hal ini dapat menyebabkan warna batik melunturi bahan kombinasinya (polos)
  3. Rendam gamis batik itu terpisah dari baju lain (lakukan pada 3 kali pencucian pertama). Gunakan air dan detergent secukupnya (jangan terlalu banyak detergent), untuk air beri sedikit lebih banyak dari biasanya (sampai gamis batik itu terendam full air + detergent) jadi gamis batik leluasa didalam rendalam ^_^. Hal tersebut bertujuan agar bahan batik dan bahan polos tidak saling berdesakan.
  4. Cukup rendam gamis batik anda selama 15 menit, jangan direndam terlalu lama
  5. Kucek sedikit gamis batik anda, lalu bilas dengan air yang cukup.
  6. Jemur gamis batik anda tapi jangan dibawah sinar matahari langsung ya, supaya warna batiknya lebih awet.
Mudah-mudahan dengan tips diatas, gamis batik anda tidak saling melunturi ( walaupun air cucian jadi keruh) tapi warna batik tidak nempel di bahan polosnya.
Note : Hindari mencuci gamis batik anda dengan mesin cuci !!

Comments

  1. makasih infonya moga2 bermanfaat

Speak Your Mind

*