May 1, 2017

Efek Samping Obat Kolesterol

Efek Samping Obat Kolesterol - Saat ini kita harus lebih berhati-hati mengkonsumsi obat kolesterol yang diresepkan oleh dokter, karena penelitian terbaru telah membuktikan bahwa ada beberapa obat penurun kolesterol yang memiliki lebih banyak efek samping dari yang diketahui selama ini, seperti gagal ginjal, gangguan otot dan gangguan hati.

Penelitian yang dilakukan kepada 2 juta pasien dan 226 ribu diantaranya merupakan pasien yang baru pertama kali menderita penyakit kolesterol, mereka mengkonsumsi obat kolesterol jenis yang sama. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dari 10 ribu pasien wanita, terdapat 74 kasus gangguan pada hati, 23 kasus mengalami gagal ginjal akut dan 39 kasus mengalami masalah pada otot. Jumlah yang hampir sama juga terjadi pada pasien pria, namun jumlah yang mengalami gangguan otot lebih banyak.

Efek samping yang diakibatkan bisa bermacam-macam, dan sangat mungkin kejadiannya berbeda-beda bagi setiap individu. Biasakan untuk bertanya mengenai fungsi dan kegunaan obat-obat yang diresepkan oleh dokter anda, sehingga pengetahuan akan obat-obatan tersebut membuat lebih selektif dalam memilih dan mengkonsumsi obat-obatan untuk kolesterol. Segera bawa ke rumah sakit atau laporkan ke dokter anda jika merasakan adanya gangguan-gangguan setelah mengkonsumsi obat kolesterol tersebut. Pencegahan yang cepat dapat membantu mengatasi kesalahan dalam mengkonsumsi obat penurun kolesterol.

Tampaknya para dokter juga harus lebih berhati-hati untuk meresepkan obat penurun kolesterol, tidak sembarangan dan asal membuat resep saja untuk mengejar target yang diberikan perusahaan farmasi dengan iming-iming bonus uang serta plesiran ke luar negeri. Mengetahui latar belakang medis pasien dapat membantu dalam membuat resep yang tepat, sehingga pemberian obat yang memiliki efek samping dapat diminimalisir dan kesembuhan dapat dialami oleh si pasien.

Speak Your Mind

*