May 23, 2017

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Awalnya, ulasan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen ini bermula dari keingininan pemerintah yang mengupayakan untuk menjadikan seluruh masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yangCerdas dan Paham Perlindungan Konsumen serta selektif dalam membeli suatu produk. Pemerintah juga berupaya memperbaiki kualitas produk yang beredar di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, pemerintah juga ikut turut mengadakan kerjasama dengan lembaga dalam negeri ataupun lembaga swasta.

Kerja sama ini memberikan berbagai manfaat seperti menjadi wadah untuk pertukaran informasi yang berkaitan dengan pengawasan peredaran produk non pangan, pangan olahan dan pangan segar yang beredar di masayrakat. Dan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan pemberdayaan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, selain itu manfaat lain dari kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap barang yang beredar seperti produk non pangan, pangan olahan, dan pangan segar khusus untuk mengutamakan perlindungan konsumen dari produk yang tidak tepat.

Dalam pelaksanaan program untuk melindungi konsumen, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia selalu berusaha meningkatkan pengawasan barang yang beredar terhadap produk non-pangan maupun pangan. Pengawasan tersebut juga dilakukan untuk menaikkan jumlah produksi dan penggunaan produk dalam negeri serta mencegah distorsi pasar dari peredaran produk impor yang mulai merusak potensi pasar lokal.

Tiga poin penting yang menjadi objek paling utama dalam pengawasan produk non pangan antara lain:

  1. Buku manual dan kartu garansi yang mudah dipahami
  2. Kesesuaian standarisasi
  3. Label pada produk

Sedangkan untuk produk pangan segar dan produk pangan olahan harus mengutamakan hal-hal seperti keamanan, mutu, dan gizi, serta pencantuman label.
Kini masyarakat tentu akan lebih sadar bahwa peran pengawasan pemerintah dalam mengontrol barang yang beredar dilakukan semata untuk kualitas perlindungan konsumen tetap terjaga. Saat ini masih banyak barang dan jasa yang beredar di pasar indonesia yang melanggar aturan yang berlaku. Berikut ini ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam rangka mendukung program-program pemerintah untuk melindungi hak-hak para konsumen yaitu:

  1. Membeli barang secukupnya.
  2. Teliti dalam memilih produk yang akan dibeli
  3. Memeriksa tanggal kadaluwarsa
  4. Memeriksa kelengkapan buku manual dan garansi
  5. Memeriksa pemenuhan syarat standarisasi produk
  6. Memeriksa label produk

Speak Your Mind

*