March 26, 2017

model batik modern untuk wanita

Model batik modern untuk wanita – Batik Indonesia sangat kaya, baik itu pada corak, motif, komposisi hingga warna. Sehingga akan dijumpai begitu banyak variasi. Banyak orang dalam memilih dan membeli batik sering berdasarkan factor kesukaan saja. Tidak seluruhnya salah memang. Tapi jika hanya mempertimbangkan factor ini hasilnya belum tentu sesuai dan serasi. Lalu bagaimana cara memilih batik agar sesuai dan serasi dengan pemakainya ?

1. Tentukan batik yang diinginkan.

Untuk menentukan ini, kita bisa melihat dari referensi batik dari katalog-katalog galeri batik maupun majalah-majalah mode. Bertanya langsung pada orang yang mengerti batik juga sangat baik.

Setelah itu, barulah tentukan batik yang diinginkan, seperti warna, bentuk, corak, jenis, harga, dan untuk keperluan apa. Setelah tahu apa yang diinginkan, akan mudah bagi kita untuk memilih batik yang beragam.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, batik dapat dibedakan menjadi batik tulis, batik printing, dan batik cap. Batik tulis memiliki motif yang sama pada bagian dalam dan luar pakaian. Sedangkan, batik printing lebih terang di bagian luarnya dan agak pudar di bagian dalam pakaian. Batik cap biasanya memiliki motif yang sama tetapi terlihat sangat “pasaran” karena memang diproduksi massal untuk kepentingan masyarakat menengah ke bawah. Untuk memastikannya, kita bisa mengeceknya langsung.

Untuk kuantitas pembelian, kita tentu bisa membeli secara satuan maupun grosir, kecuali untuk batik tulis yang dibuat secara terbatas, biasanya harus memesan lebih dulu dan jadinya memerlukan waktu 3-4 bulan.

2. Jika dilihat dari bahannya, ada “batik lawas” yang awalnya digunakan untuk kain gendongan yang sifatnya mudah sobek. Secara penggunaan, bahan ini digemari karena dingin dan nyaman dipakai, seperti katun. Namun secara tekstur, kainnya lebih tebal dan terlihat berbeda dari bahan batik yang dipakai secara umum.

BN 63 207x300 model batik modern untuk wanita

3. Bahan terbaik yang digunakan untuk batik tulis adalah bahan yang berasal dari alat tenun bukan mesin (ATBM). Untuk ini, biasanya bahan dasar yang digunakan adalah sutera. Jadi wajar kalau kemudian harga batik tulis sutera sangat mahal. Proses pembuatan batik tulisnya cukup lama dan bahan sutera juga cukup mahal.

Dengan mengatahui beberapa cara  dalam memilih dan membeli model batik modern untuk wanita yang baik tersebut, setidaknya kita tidak akan merasa malu lagi jika kebetulan mengalami peristiwa seperti di atas. Dan yang lebih penting batik pada dasarnya merupakan salah satu pakaian yang menyimbolkan keindahan Indonesia.

Sehingga kita sebagai warga Negara memang “wajib” mengenalnya dan “wajib” berbangga dengannya.

Speak Your Mind

*