June 28, 2017

Operator Mulai Sediakan Menu Bebersih Layanan CP

Operator Mulai Sediakan Menu Bebersih Layanan CP – Rentetan keluhan pelanggan operator terkait pencurian pulsa oleh layanan content provider (CP) nakal semakin berbuntut panjang. Pihak Kominfo berjanji akan mengusut kasus tersebut hingga selesai. Dan, bakal menyeret pelaku ke ranah hukum.

Beberapa pihak, khususnya pelanggan operator mengklaim bahwa pihak operator ikut bertanggung jawab terhadap masalah ini, mengingat CP-CP tak bertanggung jawab tersebut menggunakan jalur yang disediakan oleh operator. Jadi, operator dan CP memang tercatat bekerjasama dalam menyediakan layanan tersebut (misal SMS Premium).

Melihat hal itu, operator berdalih tak tahu menahu soal konten merugikan tersebut, mengingat isi program sepenuhnya milik CP yang bersangkutan. Tapi, tetap saja para korban layanan CP nakal tak lantas percaya begitu saja, dan menganggap operator sengaja membiarkan aksi-aksi perampokan tersebut. Maklum lah, operator tercatat memperoleh bagi hasil yang tak sedikit dari keseluruhan layanan-layanan tersebut.

Nah, untuk menghindari tudingan yang terus-menerus bahwa pihaknya bersekongkol dengan beberapa layanan CP nakal, operator diketahui sudah menyiapkan menu bersih-bersih, yakni fasilitas yang disediakan bagi pelanggannya untuk mengetahui layanan CP yang diikutinya plus akses untuk keluar (UNREG) dari layanan-layanan yang diikutinya.

Bagi pelanggan XL, guna menonaktifkan layanan konten yang sedang aktif bisa mengakses menu *123*572#.

Sementara bagi pelanggan Telkomsel (simPATI/As) bisa mengakses *116#, pelanggan Telkomsel Halo: *111#, selanjutnya pilih menu 3 untuk cek konten aktif, termasuk untuk menonaktifkan semuanya.

Ya, mudah-mudahan dengan penyediaan menu bersih-bersih ini operator tak lantas cuci tangan dalam permasalahan pencurian pulsa tersebut.

Speak Your Mind

*