May 1, 2017

Rencana pemasaran dan Strategi Bisnis

Rencana pemasaran dan Strategi BisnisRencana pemasaran adalah strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Rencana ini juga akan merincikan harapan penjualan, saham pasar, dan sebagainya.

Rencana ini sangat rinci dan spesifik. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah waktu penjualan, aktivitas-aktivitas pengiklanan, pemberian harga, dan upaya-upaya pendistribusian. Selain itu, rencana pemasaran juga menyatakan secara tepat apa yang dapat dilakukan bisnis dalam peluncuran produk baru dan mendukung produk-produk sebelumnya. Bagaimana rencara akan dilaksanakan dan apa hasilnya juga tertulis dalam rencana pamasaran. Rencana ini adahal dokumen rahasia yang biasanya terjilid.

Banyak cara dan model dalam menyusun rencana pemasaran karena tidak ada standar yang baku, baik dalam bentuk maupun isinya. Paling tidak pada bagian ini Anda dapat mengetahui secara umum hal-hal apa saja yang biasanya diperhatikan dalam menyusun rencana pemasaran.

Rencana pemasaran harus disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun tersebut, dapat menuntun pengusaha agar tetap mengarahkan usahanya pada pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Selain itu, dapat membantu mengembangkan, memperbaiki, dan menciptakan ide-ide baru dalam bidang pemasaran, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Speak Your Mind

*