April 23, 2017

Tanaman Obat Herbal Diabetes

Tanaman Obat Herbal Diabetes – Tak perlu panik jika menderita penyakit diabetes. Meskipun penyakit ini sangat jarang dinyatakan sembuh namun bukan berarti si penderita harus hidup dalam bayang-bayang ketakutan. Apalagi saat ini, dimana perkembangan teknologi seperti internet mengalami kemajuan yang luar biasa sehingga siapa pun dapat mengakses informasi seputar penyakit diabetes lengkap dengan cara pengobatannya.

Meskipun banyak situs yang membahas tentang diabetes, namun terdapat kecenderungan dari masyarakat yang lebih menyukai pengobatan dengan cara alami yaitu memanfaatkan tanaman. Dengan memanfaatkan tanaman tersebut, maka pembuatan obat herbal diabetes menjadi semakin mudah. Sehingga tekanan gula darah dapat dikontrol dengan baik malah cenderung stabil.

Adapun jenis tanaman yang selalu digunakan untuk pembuatan obat herbal diabetes adalah tanaman pare. Pare adalah jenis sayuran tropis dibudidayakan di berbagai negara seperti Asia, Afrika dan Amerika Selatan, dan sudah lama diakui sebagai pengobatan tradisional yang sangat ampuh untuk mengobati diabetes. Kandunngan steroid saponin dan peptida yang menyerupai insulin dapat meningkatkan atau merangsang sekresi insulin di pankreas, regenerasi sel-sel.

Jenis tanaman yang juga digunakan untuk pembuatan obat herbal diabetes adalah brotowali. Tanaman ini memiliki kandungan senyawa aktif tinokrisposid yang berkhasiat mempercepat keluarnya glukosa dengan ditandainya adanya peningkatan metabolism. Hasil penelitian yang dilakukan oleh satu lembaga kesehatan menunjukkan pasien yang diberi ekstrak brotowali menunjukkan adanya penurunan gula darah yang signifikan. Adapun bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk pembuatan obat ini adalah akar dan batangnya yang direbus untuk diminum. Hasil riset labrotaorium menunjukkan tanaman ini tidak beracun sehingga aman dikonsumsi.

Perlu diingat, jika mengkonsumsi kedua jenis tanaman ini haruslah mempertimbangkan kadar yang dianjurkan. Mengingat kandungan yang dimiliki sangat ampuh dalam menurunkan tekanan gula darah sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti diare.

Speak Your Mind

*